Honeymoon menjadi momen yang sakral bagi pasangan suami-istri baru. Di saat-saat seperti ini, semua harus berjalan sempurna. Maka dari itu, destinasi untuk honeymoon pun nggak boleh sembarangan.

Sukabumi bisa dibilang pilihan tepat untuk honeymoon. Selain memiliki tempat-tempat wisata menawan, berlibur ke Sukabumi juga tergolong terjangkau, nggak makan banyak budget.

Nih, Gloob punya beberapa tempat wisata yang cocok untuk kamu pilih saat honeymoon di Sukabumi:

1. Selusur Gua Buniayu

honeymoon di sukabumi
Foto: Taufik Alisandy

Objek wisata di Sukabumi yang satu ini bakal ngajak kamu menelusuri ruang sempit, bermandi lumpur, ngelewatin sungai, dan merayap untuk sedikit lebih dekat dengan inti bumi adalah pengalaman menantang yang menanti kalian di Gua Buniayu.

Ada dua jenis gua yang bisa kalian jelajahin, yakni Gua Angin (minat umum) dan Gua Kerek (minat khusus). Perbedaan yang mencolok antar kedua gua tersebut bukan hanya dari jarak, tapi juga tingkat kesulitan. Di Gua Kerek, kalian akan memakan waktu sekitar 3 jam berjalan menjelajah seisi gua dengan konturnya yang hampir vertikal.

  • Lokasi: Jl. Selakopi, Nyalindung, 1 setengah jam dari pusat kota Sukabumi.
  • Biaya: Gua Angin: Rp. 15.000/orang; Gua Kerek; Rp. 85.000/orang; Penginapan: Rp. 300.000/rumah.

2. Menenangkan diri di Ciptagelar

honeymoon di sukabumi
Foto: Fauzan Evan

Sebuah desa yang ngajarin kita kesederhanaan, tempat dimana kita bisa pelajarin budaya Sunda lebih dalam. Masyarakat Ciptagelar sangat konsisten menjaga kelangsungan adat dan budayanya. Bahkan, itu semua dapat terliat dari rumah panggung yang menjadi tempat tinggal masyarakat disana. Selain memiliki pemandangan yang memikat baik dari segi desa atau alamnya, Objek wisata di Sukabumi ini juga punya satu makanan khas yang wajib kamu coba, yakni Sangu Akeul.

Panganan ini adalah nasi yang terbuat dari beras yang udah berumur lama dan memiliki rasa yang berbeda dengan nasi yang biasa kita makan, karena kandungan gula dalam beras sudah sangat sedikit. Bukan hanya itu, ada juga kopi khas Ciptagelar, di mana kopinya sudah dicampur gula aren, dan pastinya bisa kalian bawa pulang.

Nggak ada tarif yang ditentukan untuk singgah dan menginap di Ciptagelar. Semuanya berdasarkan kesadaran. Ada beberapa jalur menuju Ciptagelar, namun yang udah beraspal dan mudah dilewati adalah jalur Cicadas. Dari Cicadas, kalian harus menuju Cikadu lalu lanjut ke Gunung Bongkok. Satu hal lagi yang perlu kalian ketahui, yaitu persiapkan fisik yang fit, karena trekking menuju Ciptagelar bukanlah perjalanan yang mudah ditaklukin.

3. Penangkaran penyu

honeymoon di sukabumi

Rekreasi bareng keluarga dengan melihat penyu dilepas ke alam liar merupakan pengalaman yang mustahil dilupakan. Di tempat ini, kalian juga bisa bermain sejenak bersama penyu dengan berbagai jenis dan ukuran, mempelajari tentang habitat dan kelangsungan hidupnya di Indonesia.

Jika beruntung, di destinasi wisata alam andalan Sukabumi ini kalian juga bisa liat penyu dewasa bertelur di pinggir pantai Pangumbahan. Namun, akses menuju tempat ini masih terbilang sulit. Kalian harus menyewa motor atau ojek untuk mencapai tempat konservasi ini. Jika ingin melihat pelepasan penyu, kalian harus datang sebelum matahari terbenam, sekitar jam 4 sore.

  • Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Ciracap, Pantai Pangumbahan, Kawasan wisata Pantai Ujung Genteng, Sukabumi.
  • Biaya pelepasan penyu: Rp. 10.000/orang. Penginapan di area penangkaran: Rp. 250.000.

4. Menantang nyali di Arung Jeram Citatih

honeymoon di sukabumi
Foto: wisatajawa.co.id

Untuk mencicipi objek wisata di Sukabumi yang satu ini butuh nyali besar. Gimana nggak? Cara menikmatinya adalah dengan mengarungi jeram Citatih, yang terkenal gahar itu.

Sungai Citatih seenggaknya mempunyai 20 jeram ekstrem yang harus dilewatin, dan yang terkenal adalah Jeram Gigi, Jeram Coffee, dan Jeram Naga. Jaraknya pun variatif, kalian bisa pilih sesuai keinginan. Biasanya, pihak pengelola juga menawarkan kegiatan outdoor lainnya, seperti mountain biking dan paint ball.

  • Lokasi: Jl. Raya Pelabuhan Ratu KM 30, Warung Kiara. +62 856 9574 7057/+62 812 1257 6009
  • Biaya: Jeram 13 km: (minimal 5 orang) Rp. 375/orang. Mountain Biking: Rp. 275.000/orang. Paint ball: Rp. 220.000/orang.

Nah, itulah beberapa tempat honeymoon di Sukabumi yang patut kamu coba. Kalo kamu punya daftar sendiri, share di kolom komentar, ya.

Baca juga:

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: