Menikah adalah salah satu keputusan terbesar yang akan diambil oleh semua orang. karena keputusan ini tidak hanya tentang menyatukan 2 orang, melainkan juga menyatukan 2 keluarga yang tidak saling mengenal sebelumnya.

Penentuan kapan harus menikah sepenuhnya ada ditangan masing-masing. Banyak orang yang menunda pernikahan kerena berbagai alasan. Mulai dari alasan pendidikan, karir, hingga keyakinan yang belum begitu kuat.

manfaat menikah di usia muda, gloob, jasa foto wedding dan prewedding

Beragam manfaat menikah di usia muda

Belakangan ini, menikah muda telah menjadi fenomena populer di sosial media. Pemicunya adalah banyak influencer berusia muda (bahkan di bawah 20 tahun) yang sudah menikah dan kerap mengunggah gambaran ‘indahnya’ kehidupan rumah tangga yang mereka jalani. Selain itu yang umum kita dengar tentang manfaat menikah muda adalah perbedaan usia yang tidak terlalu jauh antara anak dan orang tua nantinya. Ada juga yang nggak bisa mengelak untuk menikah muda karena dorongan orangtua yang ‘kebelet’ menimang cucu dan takut merasa durhaka ketika menolak permintaan tersebut.

Menikah muda sering dianggap sebuah kecerobohan, kerena menurut sebagian orang belum matang secara mental ataupun psikologis. Tapi banyak juga loh yang tetap memutuskan untuk menikah muda. Kira-kira apa ya keuntungan menikah muda? Berikut beberapa keuntungan saat memutuskan untuk menikah muda.

1. Tumbuh tua bersama

Bagi orang-orang yang menikah muda, mereka akan lebih dalam mengenal pasangannya kerena sebagian besar hidup mereka dihabiskan bersama-sama, dari masa muda, tumbuh dewasa, dan menjadi tua. Mereka berkembang & terlatih dalam menghadapi tantangan bersama-sama.

2. Memiliki banyak energi

Saat menikah muda tentu anda masih memiliki banyak energi untuk menghadapi rintangan pernikahan. Seperti bekerja keras bersama, mengurus anak, hingga mempersiapkan masa depan keluarga anda.

3. Kemampuan fisik lebih optimal

Dari sisi kesehatan, kesiapan tubuh wanita untuk melahirkan idealnya berusia diatas 19 tahun dan sebelum 35 tahun. Hal ini dimaksudkan untuk menekan resiko kematian. Karena  setelah usia 35 tahun sel reproduksi wanita  mulai melemah bahkan dapat mempersulit hingga komplikasi. Sedangkan untuk wanita dibawah 19 tahun masih dalam tahap pertumbuhan dan memerlukan banyak nutrisi.

4. Lebih mudah mencocokan diri dengan pasangan

Semakin anda dewasa tentu anda akan memiliki semakin banyak kebiasaan yang sudah mendarah daging dan sulit untuk diubah. Disaat anda menikah muda maka proses pengintegrasian satu sama lain akan lebih mudah. Masih banyak ruang penyesuaian yang bisa diisi satu sama lain. Kebiasaan-kebiasaan yang terbentuk adalah kebiasaan yang dilakukan bersama.

5. Berbagi lebih banyak pengalaman

Disaat anda terlambat menikah dengan alasan membangun karir, maka anda akan merayakan kenaikan pangkat sendirian atau bersama keluarga. Tetapi apabila anda menikah muda, anda akan menikmati kebahagiaan tersebut bersama pasangan. Begitu juga dengan pengalaman-pengalaman yang lain, akan lebih banyak pengalaman yang dilalui bersama-sama.

6. Memiliki lebih banyak kesempatan

Skenario terburuk, Anda tumbuh menjadi orang yang berbeda yang tidak kompatibel satu sama lain, menyadarinya lebih awal, dan akhirnya berpisah dengan pernikahan Anda. Dan kemudian Anda menyadari – hei, kita masih berusia 20-an! Kami punya banyak waktu!

Di sisi lain, jika semuanya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, maka Anda memiliki seluruh kebahagiaan seumur hidup anda.

7. Pernikahan yang terjangkau

Ketika pasangan masih muda, pernikahan mereka biasanya tidak memakan biaya sebanyak pernikahan orang yang sudah memiliki bisnis atau membangun karier yang sukses. Orang-orang juga akan memaklumi pernikahan pasangan muda yang sederhana dan sisa uangnya bisa digunakan untuk membangun rumah atau bahkan berlibur.

Itulah 7 manfaat menikah di usia muda menurut Gloob. Kalo kamu punya pendapat sendiri, sertakan di kolom komentar ya. Siapa tahu bisa menginspirasi yang lain.

Paling dicari:

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: