Pernikahan muda bisa dilakukan siapa saja, tapi ini adalah keputusan besar dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, menikah bukan hanya tentang hari ini, tapi juga bertahun-tahun ke depan.

Penentuan pernikahan muda sepenuhnya ada ditangan kamu dan pasangan. Tapi mungkin, banyak hal dan omongan orang yang pada akhirnya menimbulkan keraguan dibenakmu. Padahal, menikah muda memiliki banyak manfaat.

pernikahan muda

Pernikahan Muda dan Berbagai Manfaatnya

Pernikahan muda atau menikah saat usia masih di awal 20-an memang lagi marak-maraknya. Terlebih banyak seleb media sosial yang mempromosikannya.

Ini tentu bukanlah hal yang merugikan. Justru pada kenyataannya, menikah di usia muda dapat memberikan keuntungan tersendiri untukmu. Mau tahu apa saja keuntungan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Matang Membangun Masa Depan

Menikah di usia muda memberikanmu lebih banyak waktu untuk mengenal lebih dalam pasanganmu. Dengan begitu, kamu bisa membangun masa depan rumah tanggamu lebih matang.

2. Menikmati Hidup

Usia muda berarti kamu memiliki energi yang masih banyak. Itu memungkinkanmu bekerja lebih keras, traveling lebih banyak, dan bersenang-senang lebih sering. Terlebih karena itu semua dilakukan berdua. Hidupmu tentunya akan menjadi lebih nikmat.

3. Berisiko Rendah Mengalami Masalah Kesehatan

Secara medis, menikah di usia muda memberikanmu berbagai manfaat. Contoh kecilnya, sang istri memiliki risiko yang lebih rendah mengalami komplikasi kehamilan. Selain itu, kualitas sperma tentu lebih tinggi saat kamu masih berusia 20-an.

4. Bisa Menyikapi Kekurangan

Saat kamu beranjak dewasa, akan banyak sifat dan kebiasaan yang makin sulit diubah. Jika pasanganmu sudah mengetahuinya sedari dini, itu akan membuatnya mengerti bagaimana cara bersikap dan menanganinya. Dengan begitu, percecokan yang mungkin terjadi dapat dikurangi dan keluargamu pun akan dipenuhi dengan keharmonisan.

5. Lebih Mampu Bersikap Terhadap Masalah Ekonomi

Karir pasti jadi salah satu pertimbanganmu sebelum menikah. Harapanmu adalah mempunyai karir yang matang agar kebutuhan keluarga nantinya tercukupi.

Itu tidaklah selalu benar. Justru dengan menikah muda, kamu bisa berbagi suka duka jenjang karirmu dengan pasangan. Kamu pun akan jauh lebih termotivasi untuk bekerja lebih giat.

Ini yang perlu kamu ingat, status ekonomi bukanlah hal yang menjamin keharmonisan rumah tanggamu. Seberapa banyak pun materi yang kamu punya, masalah akan selalu ada. Semua tergantung bagaimana kamu dan pasanganmu menyikapinya.

6. Punya Banyak Waktu Untuk Membenarkan Masalah

Tidak dapat menutup fakta bahwa selalu ada kemungkinan terburuk, yaitu kamu atau pasanganmu berubah menjadi sosok yang menjengkelkan.

Di sinilah keuntungan lain menikah di usia muda. Kamu lebih punya banyak waktu untuk membenarkannya.

7. Lebih Rasional Dalam Membuat Keputusan

Di usia ini, kamu menuntut banyak hal untuk selalu rasional, termasuk dalam hal menikah.

Mengetahui bahwa kamu belum mapan secara materi sesuai harapan, tentu kamu akan mencari cara agar pernikahan yang dilakukan tidak berlebihan, dan lebih memfokuskan untuk jangka panjang.

Begitupun saat membeli keperluan rumah tangga setelah menikah. Kamu pasti akan lebih mampu membedakan kebutuhan prioritas dan sekadar keinginan.

Itulah beberapa manfaat jika kamu melangsungkan pernikahan muda. Jika kamu punya pendapat sendiri, jangan ragu untuk membaginya melalui kolom komentar.

Baca juga:

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: