Menuju ke pencapaian hidup, dalam hal ini menikah, pasti banyak kamu pikirin, termasuk persiapan sebelum menikah untuk laki-laki. Percaya deh, itu nggak serumit yang kamu pikir. Untuk mengetahui apa aja yang perlu kamu persiapkan sebelum mengucapkan janji suci, simak penjelasan berikut.

Menikah oh menikah. Kepalaku pusing bukan kepayang. Pasti kalimat itu sering muncul dipikiranmu akhir-akhir ini. Bisa jadi karena banyak faktor eksternal, tapi bisa jadi juga gara-gara dirimu sendiri.

Tentu semua bisa berakhir menyenangkan kalo kamu punya persiapan yang matang. Nah, Gloob mau kasih tahu beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum acara penting itu dilangsungkan. Simak nih:

persiapan sebelum menikan untuk laki-laki

Apa saja persiapan sebelum menikah untuk laki-laki?

Saat niat sudah mateng, pasangan sudah ada (yakali belum), mertua sudah meleleh, sekarang waktunya kamu mempersiapkan segala prosedural sebelum menikah. Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah untuk pria:  

Mengurus dokumen

Tentu mengurus dokumen merupakan hal yang perlu kamu lakukan. Karena jika tidak, kamu tidak akan terdata di negara sebagai pasangan suami-istri. Artinya, Satpol PP bisa saja menciduk kamu sewaktu-waktu.

Kamu harus mengurus surat pengantar menikah ke ketua Rukun Tetangga, Rukun Warga, dan juga Keluarahan. Selain itu, kamu juga harus melakukan perizinan ke KUA. Beberapa dokumen yang harus kamu lampirkan meliputi Kartu tanda penduduk, pas foto, hingga kartu keluarga.

Membuat perencanaan biaya pernikahan

Nah, urusan yang satu ini memang rumit. Kamu bener-bener harus merinci. Semua biaya yang dibutuhkan, mulai dari gedung pernikahan, jasa foto wedding dan prewedding, sampai katering haruslah tercatat. Karena jika tidak, bisa pusing di acara seandainya ada yang kurang.

Sebenarnya, biaya yang dibutuhkan untuk menikah tidak mahal. Kurang dari 2 juta. Tapi karena banyak ‘tradisi’ yang harus diikuti, mau nggak mau kita pun musti menyesuaikannya. Dan juga, mahal atau tidaknya acara pernikahan kamu, tergantung gensimu sendiri.

Pesan Gloob, menikah bukan hanya untuk satu hari. Menikah adalah tentang kamu dan pasanganmu. Jadi, lebih bijaklah dalam memilih. 

Menentukan tempat acara pernikahan berlangsung

Ini balik lagi ke poin atas. Kamu harus menyesuaikan lokasi acara dengan tabunganmu. Sebaiknya jangan terlalu maksa, apalagi sampai pinjam sana-sini. Jangan denger kata orang, “menikah itu cuma sekali. Momennya harus berkesan”. Masih banyak cara yang lebih manusiawi untuk mendapatkan momen yang berkesan.

Tapi kalo kamu memang beruntung dan punya tabungan cukup, menggelar pernikahan di tempat megah tentu bukan masalah. Ada manfaatnya juga bahkan. Dengan kamu menggelar acara di tempat yang enak dilihat, para tamu mungkin akan merasa lebih disambut dan diistimewakan.

Menentukan konsep atau tema pernikahan

Membuat acara pernikahan lebih terkonsep bukan hanya milik mereka yang bergelimang harta. Dengan biaya seadanya, kamu juga bisa membuat momen pernikahanmu terlihat beda. Semua tergantung seberapa kreatifnya kamu.

Misalnya kamu ingin punya konsep di mana para tamu mendapatkan sesuatu yang unik dari acara pernikahan kamu. Karena katering makanan-makanan luar atau menyewa artis ternama membutuhkan budget yang lumayan, kamu bisa menggantinya dengan menyediakan booth selfie yang beda dan (kalo perlu) aneh banget. Jadi saat selesai mengucapkan selamat ke kamu, para tamu akan mem-posting hasil jepretan di booth selfie yang kamu bikin di medsosnya.

“Wih, pernikahaan siapa tuh? Unik banget.” Mungkin itu salah satu komentar yang ada di medsos tamu kamu nantinya. 

Membuat daftar untuk kelengkapan acara

Meskipun kamu menggunakan jasa wedding organizer, jangan deh sesekali anggap enteng kelengkapan acara. Cuma kamu yang persis tahu apa yang kamu butuh.

Pastikan apa yang kamu butuh untuk pernikahan nanti, mulai dari sepatu, pakaian, hingga daftar tamu sudah tercatat. Perhatikan juga hal-hal kecil, seperti suvenir, obat-obatan, sampai standing frame untuk memajang foto.

Mempersiapkan mahar pernikahan

Mahar adalah simbol kepedulian dalam pernikahan. Mahar bisa berupa barang, biasanya cincin, atau pun jasa. Dan tentunya, mahal tidak harus mahal.

Intinya, mahar merupakan sesuatu yang berkesan secara personal. Hanya untuk kamu dan pasanganmu. Jadi, diskusikan hal ini lebih dulu dengan pasanganmu. Jangan tiba-tiba langsung memberikannya begitu saja. Karena bisa saja sang pasangan atau pihak keluarganya menolak mahar yang kamu berikan.

Adakah persiapan sebelum menikah untuk laki-laki lainnya?

Oh, tentu ada. Dan menurut Gloob, ini yang paling penting.

Hal utama yang perlu dipersiapkan sebelum menikah untuk laki-laki adalah kepribadiannya. Tanpa kepribadian yang matang, pernikahan hanya sekadar acara yang biasa dan tak berkesan. Tanpa kepribadian yang matang, rumah tangga yang baru saja kamu bisa langsung berada di ujung jurang.

Kamu akan melihat wajah pasanganmu di pagi hari, juga sore hari saat kamu baru pulang beraktivitas, bahkan malam hari ketika kamu akan beristirahat. Dan akan begitu terus, selamanya. Kamu harus sadar betul bahwa pernikahan adalah konsistensi. Bukan penyelesaian masalah atas tekanan yang kamu dapat dari dirimu sendiri atau orang-orang sekitarmu.

Rasa bosan, jengah mendapat tuntutan, tentu akan muncul suatu hari nanti. Tugasmu adalah melewatinya dengan sangat lembut. Berusaha sekeras mungkin menghindari segala hal yang dapat mencobak-cabik rumah tanggamu.

Banyak hal yang memang harus dipikirkan sebelum menikah. Tapi seperti yang sudah dijelaskan di atas, persiapan yang perlu kamu utamakan adalah dirimu sendiri. Jangan terburu-buru, tapi jangan juga terlalu mengulur.

Baca juga:

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: