Sering mendengar istilah foto prewedding? Yaps, sebuah sesi foto yang dilakukan oleh banyak orang sebelum hari pernikahan mereka. Sejarah prewedding sudah melekat erat dengan masyarakat jaman sekarang. Bahkan hal ini turut berkontribusi besar terhadap perkembangan industri fotografi komersil di Indonesia.

Saat ini foto prewedding tidak hanya menjadi pelengkap pernikahan, melainkan sudah menjadi gaya hidup yang wajib dipenuhi sebelum menikah. Beberapa pertimbangan diantaranya :

tips foto prewedding, jasa paket prewedding di bogor jakarta depok

Pertama, momen indah sebelum pernikahan sangat sayang untuk dilewatkan dan akan menjadi kado berharga saat bisa diabadikan dalam sebuah foto.

Kedua, foto prewedding dianggap memiliki prestise atau nilai gengsi yang menunjukan status sosial dan ekonomi yang dicerminkan dari foto yang berkualitas, mulai dari konsep prewedding, pakaian yang digunakan, hingga lokasi yang dipilih.

Ketiga, faktor kebutuhan pernikahan yang digunakan untuk dicetak di undangan, cetak souvenir, hingga dekorasi gedung pernikahan.

Pasar foto prewedding sangat besar, tidak hanya untuk kalangan menengah atas saja, melainkan sudah menjamur ke semua kelas masyarakat. Banyak fotografer yang secara khusus menawarkan jasa prewedding dengan harga yang lebih tinggi dibanding liputan wedding pada umumnya.

Berkaitan dengan foto prewedding, Gloob punya beberapa tips foto prewedding yang patut kamu coba:

1. Berdiskusi dengan klien anda

Setiap pasangan tentu memiliki konsep pre wedding impian yang berbeda-beda. Sebagai seorang fotografer adalah tugas anda untuk memahami dan mewujudkan pre wedding impian mereka tersebut.

2. Riset Lokasi

Setelah anda mengetahui keinginan klien, lakukanlah riset kecil mengenai konsep dan lokasi yang sesuai. Riset bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pemotretan, keadaan cahaya di lokasi, perizinan dan biaya yang diperlukan, keramaian/kerumunan, mengetahui waktu yang ideal di lokasi tersebut, dan semua detail lainnya.

3. Gunakan lensa dengan focal lenght yang panjang

Membantu menonjolkan sisi terbaik dari klien anda secara lebih dekat. Lensa lebih panjang juga akan membuat klien lebih rileks, karena anda tidak perlu berdiri terlalu dekat dengan mereka untuk mengambil close up romantis. (kecuali untuk keperluan lanskap).

4. Manfaatkan mode burst

Mode burst akan membantu anda menangkap momen singkat yang tidak terduga tetapi lebih alami dan nyata. Pada awalnya pasangan akan sedikit kaku saat pertama diarahkan, tetapi akan lebih mengalir setelahnya.

5. Mengetahui sudut-sudut terbaik klien

Foto yang menarik tidak hanya mengenai bokeh/blur.  Walaupun foto dengan pencahayaan terbaik apabila klien menganggap sudut mereka kurang baik, maka foto tersebut tidak akan dipakai.  Pahamilah sudut terbaik dari klien anda.

6. It’s not always about the face

Anda dapat menambahkan detail kecil seperti close up cincin pertunangan, jari yang saling terkait, atau kaki bertelanjang  di atas pasir. Hal ini akan membuat foto anda lebih variatif.

7. Manfaatkan Backlight

Dibutuhkan banyak latihan untuk menguasainya, tetapi begitu Anda sudah menguasai penggunaan cahaya latar untuk bidikan Anda, ini akan banyak membantu dalam menciptakan efek dramatis untuk foto Anda. Menempatkan subjek Anda di depan sumber cahaya akan menciptakan cahaya tepi yang indah yang menguraikan subjek Anda, memisahkannya dari latar belakang dan dengan demikian membawa fokus kepada mereka.

8. Buatlah foto yang menceritakan kisah mereka

Satu hal yang membedakan foto bagus dan foto menakjubkan, foto yang bermakna. Banyak fotografer yang bisa menghasilkan foto yang bagus tetapi hanya sedikit yang mampu menyampaikan ceritanya.

9. Just the Two of You vs Family & Friends

Cobalah menyertakan keluarga dan teman-teman klien untuk membuat konsep foto yang lebih menyenangkan dan berbeda dari yang lain.

Nah, itulah beberapa tips foto prewedding dari Gloob. Kalo kamu punya saran lebih, cantumkan di kolom komentar, ya.

Baca juga:

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: