Di era digital saat ini, mungkin kata potret/portrait sudah tidak asing bagi banyak orang. Foto wajah adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan saat sudah memegang kamera.

Fotografi potret sendiri merupakan salah satu genre dalam fotografi yang bertujuan untuk menyampaikan atau menceritakan perasaan dari subyek tersebut melalui ekspresi yang didukung detail lainnya.

tips fotografi portrait
Foto: Steve McCurry/NatGeo

Lalu bagaimana dengan fotografi model? Apa yang membedakan fotografi model dan fotografi potret? Secara umum, fotografi model dan potret sama.

Salah satu hal yang membedakannya adalah di proses pengambilan gambar, dimana dalam fotografi model, fotografer bekerja sama dengan model  dalam hal pose, ekspresi, arah pandangan, dan sebagainya.

Sedangkan di fotografi potret, fotografer mencoba membuat foto yang dapat menggambarkan sifat subjek foto. Tugas fotografer yaitu mengenal orang tersebut, mencari latar belakang, dan props yang sesuai untuk memperkuat fotonya.

Ikuti Tips Fotografi Portrait Ini

Oleh karena itu, ada beberapa hal diluar teknis yang harus dipahami oleh seorang fotografer potret & model. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan foto potret & model anda :

1. Mengenal subyek anda lebih dekat

Sebuah potret yang baik lebih dari sekedar peralatan foto dan pencahayaan.  Dimulai dengan fotografer yang  membangun hubungan dengan subyek sehingga subyek merasa nyaman saat sesi pemotretan. Pendekatan lain juga bisa dilakukan melalui riset mengenai subyek sebelum pemotretan. Bisa dari hal-hal kecil seperti musik yang mereka sukai, warna yang membuatnya tenang, dan lain-lain.

2. Memperhatikan kondisi cahaya

Disaat anda akan melakukan pemotretan outdoor ataupun indoor selalu pertimbangkan akan menggunakan cahaya alami atau perlu tambahan cahaya buatan.  Jika ingin menggunakan cahaya alami maka pertimbangannya adalah waktu & arah matahari.

3. It’s all about the Eyes

Saat memotret orang penekanan selalu dilakukan ke bagian mata. Mata adalah jendela ke jiwa, oleh karena itu komposisi dan eksposur di mata haruslah tepat & ketajaman gambar diarea tersebut akan menentukan keseluruhan foto.

4. Gunakan format RAW

Meskipun penggunaan file .RAW akan menambah pekerjaan untuk mengonversikannya & ukuran yang sangat besar, file raw akan sangat bermanfaat dalam penyuntingan gambar hingga selesai. Data yang masih utuh di dalam foto akan memudahkan fotografer melakukan penyesuaian skala besar sekalipun.

5. Penyesuaian lensa

Pemilihan lensa akan berpengaruh terhadap cerita dibalik foto yang ingin anda sampaikan.  Penggunaan lensa lebar memungkinkan anda memasukan banyak lingkungan di sekitar subyek untuk mendukung cerita mereka. Gunakan lensa yang lebih panjang apabila anda ingin mengambil potret yang lebih intim. Distorsi pada lensa juga akan memengaruhi wajah subyek anda.

6. Ekspresi

Foto potret tanpa adanya ekspresi nyata tidak akan mampu menyampaikan maknanya, ekspresi yang tulus bukan senyum murahan. Hal ini lebih penting dari lokasi dan peralatan fotografi yang lengkap. Hal pertama yang orang lihat adalah hubungan antara subyek dengan kamera, bagaimana itu terlihat alami di depan kamera.

7. Candid

Anda mungkin tertarik membuat foto mengenai aktivitas seseorang, aktivitas dipasar, kerumunan konser, atau bahkan hanya beristirahat di sebuah kios. Cobalah mengambil gambar tanpa sepengetahuan mereka.

Hal yang akan membuat mereka berada pada ekspresi alaminya. Jika Anda menggunakan lensa panjang dan agak jauh dari subjek Anda, mungkin perlu beberapa saat sebelum orang-orang di lokasi memperhatikan Anda.

Ketika mereka memperhatikan Anda, tersenyumlah dan melambai. Ada perbedaan antara tidak mencolok dan tidak ramah. Cara lain untuk tidak mencolok adalah berbaurlah dengan mereka dalam waktu yang cukup lama sehingga orang-orang berhenti memerhatikan anda.

Nah, itulah beberapa tips fotografi portrait yang perlu kamu ikuti supaya fotomu makin menggelegar. Kalo kamu punya tips tambahan, sertakan di kolom komentar, ya.

Paling dicari:

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: