Mewujudkan pernikahan idaman adalah salah satu mimpi dari banyak orang. Namun untuk sampai ke tahap tersebut tidaklah mudah.  Ada banyak rintangan yang harus dilalui oleh kedua mempelai. Mulai dari restu orang tua hingga persiapan materi yang mampu mencukupi tidak hanya resepsi pernikahan melainkan juga kehidupan setelahnya.

Untuk pernikahan standar pada umumnya, ada beberapa biaya-biaya yang akan dikeluarkan seperti :

  • Biaya KUA
  • Biaya tempat resepsi
  • Biaya catering
  • Biaya rias pengantin
  • Biaya fotografer & videografer
  • Biaya cetak undangan dan souvenir

Bagi orang-orang yang memiliki rencana menikah muda, maka mereka perlu usaha lebih untuk mengatur keuangan agar pernikahan impian bisa terwujud.

tips menabung untuk menikah, foto wedding bogor, prerwedding jakarta

Ikuti tips menabung untuk menikah ini

Bingung untuk memulainya? Berikut beberapa tips / cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan dalam mempersiapkan pernikahan :

1. Memiliki Komitmen

Seperti halnya menjalin hubungan hingga jenjang pernikahan, komitmen yang serius juga dibutuhkan dalam menabung. Kedua pasangan harus memiliki komitmen hati dan pikiran yang kuat dalam menjalaninya. Karena akan banyak godaan untuk menghabiskan uang disaat kita ingin menabung. Seperti makan direstoran fancy , travelling  , hingga nafsu untuk berbelanja barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.  Pasangan yang berkomitmen menabung harus bisa berkorban untuk semua itu.

2. Siapkan rekening khusus dana  menikah

Rekening dana menikah adalah rekening yang anda buat khusus untuk tabungan pernikahan. Rekening ini dipisahkan dari rekening gaji atau rekening belanja kebutuhan. Dengan adanya rekening ini akan membantu anda menahan diri agar tidak menggunakan tabungan tersebut. Pertimbangan lainnya adalah menggunakan tabungan saham atau deposito berjangka sehingga tabungan anda akan berkembang sebagai investasi.

3. Konsisten menyisihkan tabungan dari gaji bulanan

Sisihkanlah minimal 15% atau lebih dari gaji yang anda terima setiap bulannya. Lakukanlah di awal setiap anda menerima gaji bukan dari gaji yang tersisa setelah digunakan.

4. Ubah pola hidup anda

Perubahan bisa dimulai dari membawa bekal makanan dan minuman ke kantor, menggunakan transportasi umum untuk menghemat biaya, hingga pacaran dirumah atau ke tempat yang tidak memerlukan banyak uang.

5. Merencanakan passive income

Manfaatkan peluang yang ada untuk mendapatkan pendapatan pasif yang tidak mengganggu pekerjaan utama anda. Manfaatkan potensi yang anda miliki untuk bisa menghasilkan uang tambahan setidaknya cukup untuk menutupi biaya kebutuhan anda sehari-hari.

6. Orang akan ingat dua hal tentang pernikahan anda: Makanan dan Perasaan

Bertahun-tahun dari sekarang (atau lebih) tidak seorang pun kecuali Anda dan pasangan Anda yang akan mengingat seperti apa undangan Anda, bunga, pernikahan, atau kue. Jadi mengapa mengeluarkan banyak uang untuk hal tersebut? Orang-orang akan mengingat dan membicarakan tentang makanan dan bagaimana perasaan mereka menghadiri acara Anda. Oleh karena itu masukanlah 2 hal ini ke daftar prioritas pernikahan anda.

7. Manfaatkan keluarga atau kerabat dekat

Jika anda memiliki anggota keluarga atau kerabat yang memilki keterampilan yang anda butuhkan saat pernikahan, mintalah bantuan kepada mereka. Selain untuk menghemat uang, anda juga bisa lebih tenang karena mempercayai tugas-tugas tersebut ke orang terdekat. Misalnya master of ceremonie (MC) & fotografer.

8. Membuat souvenir sendiri

Banyak pasangan yang membuat souvenir pernikahan mereka sendiri. Souvenir dibuat dari bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan. Tetapkan target jumlah souvenir dan mulailah mencicil dari jauh hari sebelum resepsi pernikahan.

Nah, itu dia beberapa tips menabung untuk menikah dari Gloob. Kalo kamu punya tambahan, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar. pasti berguna banget!

Banyak dibaca:

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: